Membetulkan Tablet Milik Kader Sepanjang

Tablet Samsung Galaxy Tab 3 V milik salah seorang kader SMARThealth mengalami kegagalan dalam setiap melakukan instalasi aplikasi eKader. Penanaman aplikasi eKader yang pertama dilakukan pada 17 November 2020 di Pendopo Balai Desa Sepanjang yang terletak di Jalan Raya Sepanjang No. 45 Dusun Krajan, Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Lalu, ketika workshop kader SMARThealth di Hotel Ollino Garden, Malang, proses instalasi juga tidak bisa berjalan normal kendati melalui Chrome. Alhasil, Tablet tersebut kemudian dibawa oleh Tim Sekretariat untuk dicari akar permasalahan kenapa Tablet itu tidak bisa melakukan instalasi secara sempurna seperti keempat Tablet sejenis yang dipegang kader Sepanjang lainnya.

Serah terima Tablet Samsung Galaxy Tab 3 V ke kader setelah diperbaiki

Lama ‘menginap’ di Sekretariat, Tablet belum menunjukkan keberhasilan dalam instalasi. Tim Sekretariat berusaha mengurai satu per satu berdasarkan problem solving yang lazim dijumpai dalam proses instalasi aplikasi eKader. Mulai dari menghapus banyak foto maupun video di dalam Tablet hingga instal Google Chrome seperti yang diminta pada saat proses instalasi yang pertama, namun hasilnya juga tidak memperlihatkan tanda-tanda keberhasilan.

Kegagalan ini terus diotak-atik Tim Sekretariat. Pengalaman kerja sebagai manpower supply di System & Computer Department, PT Arun Natural Gas Liquefaction Company (PT Arun NGL Co.) di Lhokseumawe, Aceh, memberikan bekal untuk berusaha membetulkan permasalahan yang dihadapai Tablet milik kader tersebut.

Setelah dicek secara bertahap, akhirnya bisa ditemukan sebabnya. Letak permasalahannya berada pada booting Tablet tersebut yang telah ‘dihinggapi’ aplikasi lain yang senantiasa minta update dan memerlukan pengembangbiakan ekstensinya. Ekstensinya yang selalu bertambah setiap menyalakan Tablet inilah yang telah menguras memory space yang dimiliki oleh Tablet tersebut, sehingga kapasitas memori yang diperlukan dalam instalasi aplikasi eKader terasa kurang mencukupi terus.

Usai terinstal aplikasi eKader, Tabletnya kemudian diantarkan ke rumah kader SMARThealth yang berada di Dusun Kasin, Desa Sepanjang. Lalu, Tim Sekretariat meminta kader untuk melakukan uji coba input data ke dalam aplikasi eKader tersebut.

Pada saat mau uji coba, kader lupa mencatat username dan password. Kader mencoba bertanya kepada sejawatnya tapi centang satu. Kemudian Tim Sekretariat berpesan kepada kader, bila sudah mendapatkan username dan password mohon segera dicoba untuk melakukan entry data.

Esok harinya (09/03/2021) kader tersebut mengabarkan bahwa ia sudah berhasil melakukan entry data atas nama dirinya ke dalam aplikasi eKader. Hanya kata kader, sudah bisa untuk mengentry tapi belum begitu lancar. Memang perlu mencoba lebih dari sekali dulu, baru akan lancar dalam mengentry hasil skrining warga nantinya.

Akhirnya, kader riang, Tim Sekretariat pun senang! *** [090321]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Leave a Comment